St. Panteleimon's Monastery (Athos)

Discussion in 'Info Lokasi Ziarah' started by mod#1, Feb 10, 2017.

Tags:
  1. mod#1

    mod#1 Moderator Staff Member

    Gereja St.Panteleimon merupakan salah satu dari dua puluh gereja yang terletak di semenanjung Gunung Athos di bagian timur laut Yunani. Gerejanya terletak di bagian barat daya semenanjung. St.Panteleimon telah ditinggal selama dua ratus lebih oleh biarawan Rusia dan sering dirujuk sebagai gereja Rusia. Gereja ini diurutkan ke 19 dalam 20 gereja di Gunung Athos. Hari perayaan gereja ini yakni hari St.Panteleimon, yang jatuh pada tanggal 27 Juli.

    Terdapat sebuah gereja yang telah eksis hampir ribuan tahun di dekat gereja saat ini, dengan bangunan aslinya sekitar 11 abad yang lalu. Akhirnya gereja ini dibangun ulang setelah terjadi kebakaran pada abad ke 13 dengan bantuan finansial dari Raja Andronicus Paloelogos dan pemimpin Serbia. Gereja ini telah mengalami perubahan ekonomi naik dan turun. Baik biarawan Rusia maupun Yunani sudah menempati gereja ini. Sejak 1875, orang-orang Rusia merupakan pihak yang dominan. Pada tahun 1875, sebuah dekrit dikeluarkan bahwa pelayanan yang dilakukan katholikon haruslah oleh Yunani ataupun Gereja Slavonik. Jumlah yang tinggal di gereja mencapai puncak sebanyak 1440 biarawan pada tahun 1903.

    Gereja yang ada saat ini cukup mendekati yang asli. Pembangunannya dimulai pada tahun 1812 dan diselesaikan pada tahun 1821. Didedikasi untuk St.Panteleimon dan didirikan dengan gaya Athon

    Berikut beberapa foto gereja ini :

    [​IMG]
     

Share This Page